Jajanan Khas Semarang, yang Wajib Dicoba

Foto Doc.net 
Kota Semarang, merupakan Ibu Kota dari Jawa Tengah, merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung. Semarang memiliki banyak objek wisata yang menarik dari mulai wisata edukasi, wisata sejarah hingga wisata alam, namun rasanya kurang pas jika anda berlibur ke Kota Semarang tidak mencicipi Jajanan Khas Semarang, yang tentunya memiliki cita rasa  yang lezat, dan membuat siapa saja ingin lagi dan lagi untuk mencobanya. Lalu apa saja Jajanan Khas Semarang yang wajib kamu coba? Berikut ulasannya :

1.      Pisang Plenet
Pisang Plenet merupakan jajanan khas semarang yang harus kamu coba. Pisang planet diolah dengan cara menarik yakni pisang kepok dibakar, lalu pisang kepok di tindih oleh papan sehingga menjadi pipih kemudian diberi taburan gula halus, namun sekarang pisang planet memiliki banyak varian rasa seperti rasa keju, nanas, dan coklat. Pisang Plenet hanya dijual dengan harga Rp.4000 saja, anda dapat menemukan pisang planet di kawasan wisata di kota, seperti Gedung Lawang Sewu dan Pusat Jajanan Sri Ratu.

2.      Kue Leker Paimo
Kuel Leker Paimo merupakan jajanan paling populer di Semarang, dan paling sering dibeli oleh anak muda, Kue Leker Paimo dijual oleh sepasang suami istri, anda dapat menemukan kue leker paimo di depan SMU Kolose Loyola di Jl Karang Anyar no 37 Semarang, anda bisa membeli kue leker dengan modifikasi rasa kekinian, seperti keju, tuna keju, nuttela, susu, sosis mozzarella, keju abon,  dan masih banyak lagi. Kue leker ini dibanderol dengan harga Rp. 1000 – Rp. 24.000

3.      Tahu Gimbal
Merupakan perpaduan makanan yang disatukan menjadi satu terdapat tahu, gimbal, irisan kol, tempe lalu disiram dengan sambal kacang. Mengapa gimbal? Gimbal merupakan udang bakar yang disatukan pada makanan ini. Anda bisa menemukan penjual tahu gimbal di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang, jika anda tertarik anda cukup membayar Rp. 10.000 saja/ porsi, perut anda sudah terasa kenyang.

4.      Nasi Kucing Pak Gik
Nasi Kucing Pak Gik berlokasi di Jl. Inspeksi, Sekayu, Semarang Tengah. Buka pda pukul 11 malam, cocok untuk anda yang merasa lapar pada malam hari dan tak tau untuk makan apa, tempat ini selalu ramai saat malam hari, anda bisa memesan aneka jenis makanan mulai dari Rp. 5.000 saja.

5.      Lumpia Semarang

Lumpia semarang Gang Lombok no.11 masih menjadi favorit hingga kini, yang berbeda adalah, menggunakan potongan ebi membuat rasa dari lumpia ini semakin gurih dan lezat. Anda cukup membayar Rp. 10.000 saja per porsi, namun jika datang kemari harus bersabar karena Lumpia Semarang Gang Lombok selalu ramah dipenuhi pembeli setiap harinya. 

Itu dia beberapa jajanan khas semarang yang banyak diburu wisatawan lokal maupun mancanegara, jajanan khas di atas bisa menjadi rekomendasi anda jika anda berkunjung ke Semarang. 


Comments

Popular Posts